Pesan Hotel dan Tiket Pesawat

Objek Wisata di Gunung Talaga Bodas

Berbicara tentang Objek Wisata di Gunung Talaga Bodas tak bisa terlepas dari Gunung Talaga Bodas itu sendiri,dimana Talaga atau artinya  Danau kata Bahasa Indonesia.Kawah Talaga Bodas merupakan sebuah aset dari Wisata di Garut yang perlu dikembangkan dan dibangun secara maksimal.Dan harus didukung dengan adanya Hotel Murah di Garut yang nyaman,bersih dan bagus.Sebab adanya penginapan murah di sekitarnya, akan memudahkan orang yang Booking dan Pesan Hotel Online.

Rekomendasi Tempat Wisata di Garut memang sangat beragam, dan ada beberapa wisata yang ada di kawasan  pegunungan, salah satunya Tempat Wisata  yang berada di Talaga Bodas ini.Dengan cara kasat mata Talaga Bodas yang ada di Desa Sukamenak Kec Wanaraja Kab Garut itu nyaris sama juga dengan Kawah Putih yang ada di Bandung. Tetapi Talaga Bodas tambah lebih memikat di banding Kawah Putih.

Talaga Bodas adalah kawah belerang yang membuat suatu danau besar dengan air berwarna putih. Talaga itu ada di ketinggian 1512 m di atas permukaan laut

Kawah Talaga Bodas ada diketinggian 1512 m dpl, sedang Gunung Talaga bodas sendiri memiliki ketinggian 2201 m dpl. Puncak Gunung Talaga bodas adalah perbatasan kabupaten Garut serta Kabupaten Tasikmalaya. Gunung Talaga Bodas adalah satu dari lima gunung sebagai lambang simbol Kabupaten Garut.

Cagar Alam Gunung Talaga bodas terdapat di kecamatan Pangatikan serta kecamatan Wanaraja seluas 258, 05 Ha serta Taman Wisatav Alam (TWA) Kawah talaga Bodas seluas 27, 88 Ha ada di kecamatan Pangatikan (Sumber : Kang Ayi Dinas Tata Ruangan Garut). Berjarak lebih kurang 28 km dari Garut kota. Ke lokasi Talaga bodas dapat dibuka dengan kendaraan, baik motor ataupun mobil. Jalurnya sempit cukup satu mobil. Untuk wisatawan yang akan ke Talaga bodas dapat memakai jalur Jakarta/Bandung - Garut - Wanaraja ataupun Jakarta/Bandung - Limbangan - Cibatu - Wanaraja. Sesudah di Wanaraja, tak ada panduan ke obyek wisata itu. Dapat ajukan pertanyaan ke masyarakat. Penandanya seputar pasar wanaraja ada belokan ke kanan (jika dari arah Garut)/ke kiri (jika dari arah Cibatu).

Dari belokan pasar Wanaraja masih tetap mesti meniti perjalanan kurang lebih 14 km. 1 km pertama sesudah belokan jalannya lumayan mulus, tak ada yang berlubang. Sesudah itu bakal melalui jalan yang lumayan rusak berat selama 3 km. Berlubang serta mengelupas aspalnya dibeberapa sisi. Bila hujan, air segera ke tubuh jalan. Inilah yang bikin jalan cepat rusak. Bila kemarau, jalan yang buruk itu bikin ingindara terasa tak nyaman lantaran debu dari jalan itu.

Sesudah melalui jalan yang banyak berlubang, masih tetap meniti 10 km lagi. Jalannya mulus lantaran baru sebagian bln. di hotmix. Jalan yang berliku serta menanjak dengan latar panorama perbukitan yang ditanami kebun-kebun sayur. Dibeberapa titik ada sisi yang longsor. Di pertigaan jalur talaga-karaha bodas terdapat banyak warung, berhenti terlebih dulu untuk nikmati panorama hamparan Garut serta Gunung 'piramida' Sadahurip. Di titik itu kita dapat lihat Gunung sadahurip dengan terang. Lalu meneruskan s/d pintu gerbang masuk Lokasi Wisata Alam (KWA) Talaga Bodas.


Saat hingga di pintu masuk. Disambut dengan portal, ticket masuk ke lokasi itu yaitu Rp 5. 000, -. Sarana parkir telah ada untuk kendaraan-kendaraan wisatawan. Dari tempat parkir jalan kaki 200 mtr. ke tempat kawah. Lumayan hiking selama 200 mtr. itu bikin sehat.

Pertama kalinya masuk kawah Talaga bodas terasa tak yakin bila Garut mempunyai tempat seindah itu. Suatu danau yang airnya berwarna putih, dikelilingi gunung yang rimbun dengan pohon-pohon. Nikmati kawah itu dapat dari beragam pojok. Tidak komplit bila ke kawah talaga bodas tidak melingkari serta menyusuri setiap sudutnya. Lantaran tiap-tiap pojok memberi panorama yang luar umum. Satu diantara favorite yaitu dekat kawah yang aktip, hati-hati janganlah mendekat lantaran beresiko. Didekat kawah aktip naik ke atasnya, viewnya luar umum. Untuk penggemar photography, bakal terasa senang mengambil view di sini.

Untuk wisatawan yang mau relaksasi, dibagian samping kanan kawah ada tempat pemandian air panas alami. Dapat berenang atau sebatas berendam kaki di nikmati dengan cara cuma-cuma. Rasakan tiap-tiap pijatan dari air panas alami itu.
Dengan cara kasat mata Talaga Bodas yang ada di Desa Sukamenak Kec Wanaraja Kab Garut itu nyaris sama juga dengan Kawah Putih yang ada di Bandung. Tetapi Talaga Bodas tambah lebih memikat di banding Kawah Putih.


Talaga Bodas adalah kawah belerang yang membuat suatu danau besar dengan air berwarna putih. Talaga itu ada di ketinggian 1512 m di atas permukaan laut.

Dari Ibukota, perjalanan menuju Talaga Bodas diawali tengah malam dari Terminal Kampung Rambutan dengan menumpang bus malam menuju ke Kota Garut dengan maksud akhir di Terminal Guntur.

Diprediksikan, bus tiba di Terminal Guntur Garut pada besok harinya, tepatnya subuh. Sesampainya di Garut, hembusan angin yang bertiup merasa sampai ke tulang.

Perjalanan juga dilanjutkan sejauh 20km dari Terminal Guntur menuju ke Talaga Bodas memakai angkutan kota berwarna merah putih ke Wanaraja. Lalu dilanjutkan menumpang ojek sampai ke pintu masuk Talaga Bodas, Rp 50 ribu pulang pergi.

Sayangnya, dari Jl Raya Wanarasa menuju ke Talaga Bodas, akses jalan betul-betul rusak kronis, berlubang dan berdebu. Walau demikian, sepanjang perjalanan pengunjung akan tidak jemu lantaran disugukan panorama pembuatan batu bata sebagai mata pencaharian warga seputar.

Termasuk aktivitas berkebun dari warga seputar yang sering mengerjakan tempat untuk menanam tanaman toman, kol, terong, kacang panjang, serta yang lain.

Sesampainya di retribusi Talaga Bodas, kendaraan di parkir di sana serta pengunjung jalan kaki seputar 15-20 menit menuju ke Talaga Bodas. Sepanjang perjalanan, hawa sejuk serta jejeran rimba yang dipenuhi pohon-pohon temani pengunjung sampai tiba di Talaga.

Di Talaga, pengunjung dapat lakukan beragam kesibukan seperti hikking, tracking, camping, fotografi, dan pemandian air panas.

Bila tiba di sana saat pagi hari, panorama bakal semakin indah lantaran kabut masih tetap menutupi Talaga serta hawa dingin semakin melengkapi pemandangan di Talaga Bodas.

Sesudah senang berfoto ria serta sekedar duduk enjoy di Talaga Bodas, pengunjung dapat jalan ke arah kanan menyusuri jalan berpasir menuju ke pemandian air panas belerang alami serta air terjun.

Keindahan Tempat Wisata di Garut yang bernama Wisata Talaga Bodas ini memang sangat mempesona bagi kita yang senang menikmati keindahan alam yang merupakan Anugerah Yang Maha Kuasa.

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Online Hotel Booking and Reservations | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑