Situ Bagendit Wisata Danau di Garut

loading...
Karena di Garut ini ada beberapa dan Aneka Ragam Pesona Tempat Wisata yang jenisnya beragam, maka kami berbagi lagi satu diantaranya,yaitu Situ Bagendit, yang artinya sama dengan Danau Bagendit. Tempat Wisata di Garut ini memang belum dikelola secara maksimal kerena berbagai kendala dan masalah yang ada.Belum ada sarana Hotel Murah di Garut yang memadai yang berlokasi di daerah tersebut, anda bisa ketahui datanya dalam Daftar Hotel di Garut, yang menjadi bagian dari Situs Booking dan Pesan Hotel Online.

Tempat Wisata Situ Bagendit di Garut yang Masih tetap Asri, Tempat Wisata Terindah - Situ Bagendit adalah obyek wisata yang berlokasi di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Propinsi Jawa Barat. Wisata Situ Bagendit Adalah Wisata Garut yang cukup indah serta alami berbentuk danau. Danau Situ bagendit berbatasan dengan desa Banyuresmi di samping utara, lalu berbatasan dengan desa Cipicung disamping selatan. Berbatasan segera dengan Desa Binakarya disamping timur, serta desa Sukamukti pada arah barat.

Situ Bagendit atau dalam bhs Indonesia yang bermakna Danau Bagendit adalah satu diantara danau yang ada di daerah Jawa Barat yang termasuk Wisata di Garut. Situ Bagendit mempunyai potensi wisata yang sangatlah menarik dengan latar belakang gunung yang menjulang tinggi. Di situ itu ada banyak rakit dengan atapnya yang terbuat dari bambu serta tempat duduknya yang berwarna-warni, yang kapanpun senantiasa siap mengantarkan pengunjung untuk melingkari isi danau. Tidak cuma ada rakit, sebagian buah perahu kecil berupa angsa serta kano juga ada untuk pengunjung yang mau nikmati situasi danau dengan cara lebih eksklusif. 

Sesaat di pinggir danau sendiri, terlihat sebagian pengunjung asyik melemparkan kail, mengharapkan memperoleh ikan. Sekumpulan pengunjung asyik berteduh di bawah pohon-pohon rindang sembari mengadakan tikar serta menyantap bekal. Suatu kereta api mini juga ada juga sebagai satu diantara bentuk lain dari hiburan yang ada. Sayangnya, jalur yang dilalui tidaklah jauh serta kurang menarik, lantaran cuma berputar-putar dalam jarak yang pendek serta melingkari tempat yang dipenuhi oleh pengunjung serta penjual/pedagang kaki-lima.

Danau itu mempunyai ukuran yang cukup luas serta jadikan juga sebagai satu diantara sumber air untuk penuhi kehidupan orang-orang di seputar. Berdasar pada beberapa pendahulu serta pakar histori. Situ Bagendit itu di ambil dari nama seseorang wanita tua yang bernama Bagendit. Lantaran satu cerita kehidupan Bagendit Munculah situ atau danau itu serta jadikan situ itu banyak di kenal oleh nyaris semua orang-orang Indonesia lantaran legenda yang mendasarinya. 

Pada jaman dulu didesa itu hiduplah seseorang wanita paruh baya bernama Bagendit yang berstatus janda. Janda itu mempunyai harta yang melimpah peninggalan dari almarhum suainya yang sudah lebih dulu meninggalkannya. Jadi itu tak mempunyai anak hingga ia hidup sendiri di tempat tinggalnya. 

Kekayaan yang ia punyai kerapkali jadi kecemasan bahwa hartanya bakal habis serta ia bakal jatuh miskin. Oleh lantaran ketakutan itu, Bagendit jadi wanita yang pelit walau sebenarnya ia yaitu orang yang paling kaya di antara warga desa yang lain. Terkecuali pelit, Bagendit juga adalah sosok yg tidak ramah pada orang lain. 

Bagendit bakal menolong warga yang tengah kesusahan dalam soal ekonomi lewat cara meminjamkan duit tetapi dengan ubah bunga yang sangatlah tinggi. Diluar itu jika warga yang telat membayar hutang kepadanya bakal memperoleh perlakuan kasar dari orang suruhan Bagendit serta mengambil alih tempat tinggal warga yang berhutang itu juga sebagai ubahnya. 

Beberapa warga sesungguhnya sangat jengkel serta kesal pada sikap Bagendit yang pelit itu. Bahkan juga Bagendit juga kerap memamerkan harta kekayaannya pada warga seputar tanpa ada belas kasihan. 

Satu hari waktu Bagendit tengah bersantai di halaman tempat tinggalnya sembari mengkalkulasi duit serta emas yang dipunyainya datanglah seseorang kakek yang sudah sangatlah tua jalan ke arah tempat tinggal Bagendit sembari dipapah dengan memakai suatu tongkat. 

Sang kakek yang seseorang pengembara ini punya maksud meminta sedikit air minum pada Bagendit lantaran kehausan sesudah meniti perjalanan jauh. Tetapi, Bagendit tak memberinya serta malah jadi memarahi kakek itu dengan kasar. Bagendit juga mengusir kakek itu untuk pergi dari tempat tinggalnya. 

Sang kakek sangatlah kecewa serta sedih lalu ia membangun tongkatnya di depan tempat tinggal Bagendit sembari berkata bahwa Bagendit bakal terima pelajaran dari sikapnya yang pelit itu. Bagendit tak memperdulikan serta cuma tertawa mendengar ucapak kakek tua itu lantas masuk ke tempat tinggalnya. 

Tongkat sang kakek lalu di cabut serta dari lubang tanah itu munculah air yang lama-lama menyebabkan banjir. Beberapa masyarakat desa berlarian menyelamatkan diri serta sang kakek menghilang tak tahu kemana. Sesudah air meluap telah nyaris besar, Bagendit baru mengerti serta ia jadi menyelamatkan kekayaannya. 

Sembari membawa sekotak duit serta emas Bagendit coba meminta tolong tetapi tak ada orang yang mmendengarnya lantaran desa sudah sepi penghuni. Bagendit juga terbenam berbarengan kekayaannya serta air makin meluap serta membuat seperti danau. Lalu danau itu dinamakan Danau Bagendit atau Situ Bagendit.

Situ Bagendit mempunyai kwalitas lingkungan hidup cukup baik. Baik dari sisi kebersihan bangunan serta ekosistem alamnya. Mencakup bangunan yang permanen ataupun yang semi permanen. Dikelola oleh Ayah Ajan Sobari juga sebagai pengawas serta penanggungjawab tempat wisata Situ Bagendit. Butuh di ketahui bahwa status kepemilikan tempat wisata itu yaitu punya Pemerintah Daerah Garut, tetapi kewenangannya dilimpahkan pada Dinas Pariwisata serta Kebudayaan Garut. 

Beragam aktivitas wisata yang bisa anda kerjakan di Tempat Wisata Situ Bagendit diantaranya berkeliling danau dengan perahu kecil atau sepeda air, maupun jalan-jalan enjoy nikmati panorama alam seputar danau. Lokasi itu sediakan banyak sarana menarik yang disewakan untuk maksud wisata. Seperti persewaan rakit yang disiapkan dalam jumlah 60 buah, yang bisa anda sewa dengan tarif Rp 25. 000/15menit. Ada pula sepeda air sejumlah 11 buah yang disewakan Rp 10. 000/15 menit. Kereta api mini yang menyusuri tepian danau, kolam renang untuk anak-anak maupun orang dewasa. 

Pembangunan Tempat Wisata Situ Bagendit itu telah direncanakan oleh dinas pariwisata serta jalan dengan baik. Pembangunan yang teratur baik dari type material yang dipakai serta style arsitektur bangunan tersebut. Disiapkan juga tempat beribadah untuk umat muslim yakni suatu mushola. Walau ada bagian-bagian yang perlu dibenahi supaya terwujud kondisi obyek wisata yang nyaman serta aman untuk seluruhnya pengunjung. Banyak hal yang butuh dibenahi seperti penertipan kios-kios liar serta pembersihan coretan-coretan di dinding, menambahkan jumlah petugas penjaga di seputar danau. Tempat wisata danau Situ Bagendit di buka untuk umum mulai jam 7 pagi sampai jam 5 sore saat setempat. 

Supply tenaga listrik di salurkan oleh PLN dengan distribusi Voltase sebesar 220 v. di dukung sumber air bersih yang ideal dari PDAM serta Sumur bor. Tingkat Ph air yang normal serta aman untuk dipakai pengunjung. Tetapi jika musim kemarau tiba cadangan persediaan air juga ikut menyusut. System pembuangan limbah yakni dengan saluran selokan irigasi serta septic tank. Tempat parkir Situ Bagendit di rasa cukup mencukupi karna mempunyai luas seputar 1400 m2 dengan daya tampung lebih kurang 30 bus, 180kendaraan bermotor, 60kendaraan pribadi. 

Tetapi butuh sedikit pembenahaan untuk Vegetasi peneduh supaya tak terlampau panas. Tersebut sedikit deskripsi umum tentang Situ Bagendit yang ada di daerah garut. Tempat wisata yang selalu lakukan pengembangan untuk wujudkan juga sebagai tempat wisata yang menarik hati orang-orang, untuk bertandang di danau Situ Bagendit.

Pada saat ini memang nama besar Danau / Situ Bagendit agak melempem berbeda sekali dengan tahun 60an,Wisata Situ Bagendit Garut ini pernah malang melintang sebagai salah satu Tempat dan Objek Wisata di Garut,Jawa Barat,Indonesia yang namanya berkibar cukup tinggi di angkasa.
Situ Bagendit Wisata Danau di Garut Situ Bagendit Wisata Danau di Garut Reviewed by Admin on Desember 28, 2015 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.