Wisata Gunung Guntur Garut


Nama Besar Gunung Guntur yang berada di wilayah Cipanas Tarogong Garut sebagai sebuah gunung yang memiliki kharaterristik tersendiri memang sudah tak asing lagi bagi kita.Dan di kaki gunung tersebut adalah salah satu Tempat Wisata di Garut yang berbentuk curug atau air terjun, yang dikenal dengan nama Curug Citiis, karena memang airnya sangat dingin sekali.Tapi di sekitar wilayah tersebut banyak penginapan murah yang menjadi bagian dari Daftar Hotel di Garut yang mana kita bisa melakukan Booking dan Pesan Hotel Online dengan memilih hotel murah yang paling bagus dan terbaik yang ada di kota Swiss Van Java itu.


Hampir sama dengan Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray, Gunung Guntur juga merupakan dan memiliki aset untuk menjadi sebuah objek Wisata di Garut yang bernama Gunung Guntur juga sangat disukai para pendaki.Biarpun gunung ini tidak tinggi, namuan cukup berat juga untuk dapat mencapai Puncak Gunung Guntur dan melihat Kawahnya.Yang pasti, biarpun pepophonan di kawasan ini banyak yang kering  dan hutannya tidaklah lebat, salah satu sebabnya karena memang tanahnya tidak bisa ditanami selain pohon pinus yang mewarnai dan tumbuh selama pendakian yang kita lakukan.

Lingkungan Alam Fisik
Gunung Guntur yaitu satu diantara gunung yang dipunyai oleh Kabupaten Garut, yang terdapat di Kampung Dukuh Desa Pananjung Kecamatan Tarogong Kaler. Gunung itu mempunyai luas lokasi seputar 250 ha yang masih tetap berbentuk areal terbuka, serta semuanya dikelola oleh BKSDA Jawa Barat II yang merujuk pada segi legalitas berbentuk SK Mentri Kehutanan No : 274/kpts II/99.

Lokasi Gunung Guntur terdapat 3 km dari ibukota Kecamatan Tarogong Kaler serta 7 km dari ibukota Kabupaten Garut. Gunung Guntur yang disebut gunung yang masih tetap aktif dengan kesibukan vulkanik itu mempunyai ketinggian 2. 000 m dari permukaan laut serta mempunyai satu kawah yang ada di satu diantara puncaknya. Gunung Guntur mempunyai karakter bentang alam yang unik yakni mempunyai tiga bukit pada puncaknya, yang semasing bukitnya mempunyai ketinggian 1000 m (dari kaki gunung), 1200 m, serta 1300 m pada puncak tertinggi.

Gunung itu mempunyai daya tarik yang berbentuk medan gunung yang menantang, lembah, air terjun, sungai, pemandangan alam serta kawah. Gunung Guntur mempunyai konfigurasi umum tempat bergunung dengan kemiringan tempat yang sangatlah curam serta mempunyai material tanah berbentuk tanah pasir berbatu. Untuk kestabilan tanahnya lokasi itu termasuk labil, dengan tingkat kelongsoran tanah yang tinggi serta daya serap tanah yang cukup.

Batas administrasi lokasi Taman Wisata Alam Gunung Guntur yaitu seperti berikut :
Utara : Desa Pasawahan
Barat : Kab. Bandung
Selatan : Desa Pananjung
Timur : Desa Rancabango
Lokasi TWA Gunung Guntur belum di kembangkan dengan cara intensif untuk lokasi pariwisata, cuma saja Gunung Guntur banyak dikunjungi beberapa penjelajah serta jadikan juga sebagai lokasi untuk berkemah, hiking serta tracking.

Segi Spesial
Di lokasi Gunung Guntur belum ada sarana serta prasarana yang mendukung aktivitas wisata. Hal semacam ini berlangsung lantaran lokasi Gunung Guntur belum memperoleh perhatian spesial oleh pemerintah setempat untuk di kembangkan jadi satu lokasi yang bisa digunakan untuk aktivitas wisata olah raga terutama beberapa glading. Tetapi ada sarana pendukung yakni satu buah shelter dengan keadaan yang cukup yang ada di tempat Air terjun Citiis.

Aksesibilitas Menuju Objek
Untuk meraih ke kaki gunung yang berjarak 5 km dari terminal kota Garut (terminal Guntur), bisa memakai angkuta kota bertarif Rp. 1. 500/orang dengan jurusan Garut? Cipanas yang beroperasi dari jam 05. 00-19. 00 WIB, atau bisa memakai angkutan tradisional yang berbentuk delman dengan tarif Rp. 3. 000. Aksesibilitas untuk menuju lokasi Gunung Guntur yakni berbentuk jalan raya dengan kelas jalan kecamatan yang mempunyai lebar 3 m serta panjang 3 km dengan keadaan baik, jalan akses yang mempunyai keadaan yang cukup hanya kelas jalan desa yang mempunyai lebar 2. 5-3m serta panjang 2 km, serta ada jalan setapak dengan lebar 0. 5-1 m dengan keadaan yang cukup. .

Cerita mitos dan mistis seputar Gunung Guntur juga masih ada sampai sekarang.Konon menurut kepercayaan orang tua dahulu, yang berkuasa di gunung ini adalah Mbah Dalem Wirasuta yang merupakan leluhur masyarakat di sekitar kawasan Tarogong.
Wisata Gunung Guntur Garut Wisata Gunung Guntur Garut Reviewed by Sonni Herawan on 21.57.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.