Pantai Cijeruk Indah Garut

loading...
Deretan pantai yang berada di Pantai Garut Selatan memang sangat indah dan menarik untuk kita kunjungi.Rekomendasi Tempat Wisata di Garut yang berada di kawasan selatan ini semakin dikenal oleh orang yang berkunjung ke kota ini.Tempat Wisata di Garut banyak yang berjenis pantai dan air terjun, sebab selain kota ini dikelilingi gunung, ada juga lautan yang terkonsentrasi di wilayah Garut Selatan.Dan di wilayah selatan ini telah banyak dibangun Hotel Murah di Garut yang bisa kita temukan datanya di Daftar Hotel di Garut serta langsung bisa reservasi sambil mencari harga dan tarifnya,sera Booking dan Pesan Hotel Online dari situs hotel terpercaya dan paling bagus di Indonesia..

Pantai Cijeruk Indah salah satu dari pantai di wilayah selatan yang melengkapi pantai yang alain yang lebih terkenal , yang artikelnya kami berikan di akhir tulisan ini.

Pantai Cijeruk Indah Garut yaitu adalah objek serta daya tarik wisata pantai di Kabupaten Garut yang terdapat di Desa Sagara serta di Kecamatan Pameungpeuk dan di Provinsi Jawa Barat. ODTW itu dikelola oleh Kompepar Yayasan Cijeruk Indah, dengan status kepemilikan oleh BKSDA serta Perkebunan. Dengan 2 segi legalitasnya, yakni : Pasal 50 ayat (3) huruf a & b UU No. 41 th. 1999 serta Pasal 78 ayat (5) UU No. 41 th. 1999. Lingkungan fisiknya terbagi dalam : luas lokasi sebesar 4700 m2, luas ODTW sebesar 2157 m2 dengan saat kunjungan sepanjang 24 jam.

Menurut tata manfaat tempat lokasi itu ditujukan manfaat tempat perkebunan, pemukiman, pariwisata, serta rimba produksi (karet). Pantai itu memiliki batas Administrasi yakni samping Utara di Desa Singaraja, Barat di Desa Karyasari, Selatan di Samudra Hindia serta Timur di Cipatujah. Batas Alam lokasi itu yaitu Utara di Kubang Umen (tempat Gambut/Rawa), Barat di Sungai Cimerak, Selatan di Samudra Hindia serta Timur di Rimba Sancang. Lokasi Cijeruk Indah mempunyai temperatur rata-rata 27? C per th., minimal tahunan 17? C, serta temperatur maksimum 28? C per th., dengan penyinaran matahari rata-rata tengah, serta kemampuan tiupan angin yang besar.

Segi fisik ODTW itu berbentuk konfigurasi umum tempat pantai itu berbentuk dataran, dengan kemiringan landai, kestabilan tanah tengah serta daya serap tanah baik. Type material tanah di Pantai Cijeruk Indah berbentuk pasir pantai di pesisir pantai. Warna air lokasi itu ada 2 buah, warna biru terdapat di pesisir serta tengah pantai dan warna hijau kecoklatan ada di pertemuan muara. Bau serta temperatur air normal dengan tinggi gelombang rata-rata 1m (musim hujan 2-3m sedang kemiringan basic laut landai serta material basic laut lokasi itu yaitu pasir halus, lumpur, batu karang, pasir kasar serta kerikil.

Flora laut dominannya rumput laut sedang fauna laut dominannya yaitu ikan hias, siput & kerang, ikan Cangkel serta ikan tengiri. Material pantai berbentuk pasir halus serta warna material alami lokasi itu yaitu putih bersih. Dengan kemiringan pantainya datar dan panjang pinggir pantai 2000m, lebar pantai 50-100m, tingkat abrasi tengah, kestabilan pinggir pantai stabil dengan flora pinggir pantai berbentuk ketapang serta Pandan Bidur. Kwalitas lingkungan cukup, kebersihan/sanitasi tak baik serta tak ada masalah di pinggir pantai dengan type ground cover berbentuk tanah berpasir serta bentang alamnya tengah.

Pantai Cijeruk Indah mempunyai keadaan lingkungan ODTW cukup serta tingkat kebersihan/sanitasi yang kurang. Pencemaran hawa, bau serta air tak ada. Pencemaran sampah ada, berbentuk sampah pengunjung serta sampah dari masyarakat dan vandalisme juga ada. Visabilitis di ODTW sedikit terhambat, tingkat kebisingan rendah serta rambu iklan sedikit (cuma ada penunjuk arah & peringatan). Sumber daya listrik di Pantai Cijeruk Indah tak ada, sedang sumber air bersih datang dari sumur dengan kwalitas air jernih, rasa air tawar serta bau air normal dan masalah pemanfaatannya lantaran sekurang-kurangnya jumlah sumur serta mata air dengan peluang pemakaian susah. System komunikasi ada berbentuk radio panggil dengan jumlah tak mencukupi serta pemakaiannya susah. Sedang system pembuangan limbah di pantai itu tak ada.

Pantai Cijeruk Indah belum di bangun akomodasi & took cinderamata, ada 13 kios/warung di seputar pantai yang terbuat dari kayu yang beratapkan ijuk berwarna hitam dengan sediakan makanan umum, kondisinya cukup dan ada tempat parkir ada 1 buah di dekat pintu masuk dengan daya tampung 4 bus, 8 kendaraan pribadi, 90 motor dengan luas 1500 m2. Keadaan tempat parkir kurang baik, dengan susunan permukaan tanah serta vegetasi peneduhnya mencukupi.

Pos ticket tak ada, toilet ada 4 buah dengan anitasi/kebersihan kurang baik serta keadaan bangunan kurang baik. Tempat basuh, interpretation center serta papan penunjuk arah belum ada. Shelter ada 13 buah (menyatu dengan kios/warung masyarakat), dengan kebersihan/sanitasi cukup serta kondisinya cukup baik.

Pos kesehatan ada 1 buah (jaraknya? 5km dari ODTW), kelengkapan obat kurang komplit, kebersihan/sanitasi cukup serta kondisinya cukup. Tempat untuk menitipkan barang, bumi perkemahan serta playing ground tak ada. Tempat penyewaaan ada 1 buah, penyewaan rakit dengan jumlah perlengkapan kurang mencukupi serta kondisinya cukup. Tempat beribadah ada 1 buah, berbentuk Musholla dengan keadaan kurang mencukupi. Sarana olah raga, shuttle transportasi & panggung terbuka tak ada. Tempat sampah ada, jumlah tak terang (berbentuk non permanent datang dari masyarakat) dengan keadaan cukup.

Fasilitas umum paling dekat/seputar lokasi berbentuk sarana kesehatan, sarana keamaanan serta sarana beribadah. Serta akses jalan berbentuk jalan Provinsi dengan keadaan cukup (dalam perbaikan), lebar jalan 4 m serta jalan setapak panjang 8 km, lebar 0, 5-1, 5 m. frekwensi transportasi umum dari terminal paling dekat berbentuk bus yg tidak terjadwal, angkutan kota yang terjadwal dari jam 5 pagi-jam 5 sore. Serta tarif kendaraan itu, yakni :

* Bis Umum dengan tarif Rp. 12000/orang
* Bis kota dengan tarif Rp. 10000-15000/orang
- Garut? Pameungpeuk : Rp. 10000/orang
- Bandung? Pameungpeuk : Rp. 15000/orang
* Angkot dengan tarif Rp. 5000? 6000/orang
* Ojeg dengan tarif Rp. 25000/orang.

Untuk menuju pantai Karang Paranje kwalitas panorama selama jalan cukup, serta keamanan perjalanannya juga baik. Aktivitas wisata yang bisa dikerjakan biasanya berbentuk berperahu, memancing serta nikmati panorama, sedang kesibukan yang punya potensi untuk di kembangkan diantaranya : fotografi, rekreasi pantai, berjemur, berkemah, serta riset flora.



Pantai di Garut Selatan yang lain adalah:
Pantai Cijeruk Indah Garut Pantai Cijeruk Indah Garut Reviewed by Admin on Januari 06, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.