Pantai Rancabuaya Garut Selatan

loading...
Setelah sebelumnya Rekomendasi Tempat Wisata di Garut berbagi data dan info tentang Pantai Santolo dan Pantai Karang Paranje yang merupakan bagian tak terpisahkan dari semua Tempat Wisata di Garut,terutama untuk Wisata Pantai.Kini datanya kami tambahkan dengan Pantai Rancabuaya Bungbulang Garut.Yang di sekitar kecamatan tersebut sudah ada juga Hotel Murah yang bisa kita temukan informasinya di Daftar Hotel di Garut, sekaligus kita melakukan reservasi di Booking dan Pesan Hotel Online.

Pantai Rancabuaya Garut Selatan  ini dekat juga masih merupakan bagian Pantai Garut Selatan.Yang kita tahu, di pantai dan laut di kawasan ini memiliki gelombang yang cukup besar.

Pantai Rancabuaya adalah salah satu objek wisata pantai di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Pantai yang memiliki batu-batu karang besar ini langsung berbatasan dengan Samudera Hindia sehingga memiliki ombak yang cukup besar. Yang menarik dari pantai ini adalah banyaknya batuan karang yang cukup besar, juga terdapat tebing batuan yang cukup tinggi serta adanya air terjun (Bahasa Sunda: curug) yang langsung menghadap ke pantai. Hal lain yang menarik yaitu banyaknya ikan-ikan kecil yang terperangkap di karang-karang yang terbawa oleh ombak.


Kondisi Pantai

Pantai Rancabuaya merupakan tipe pantai berbatu karang sehingga kurang cocok untuk berenang. Pantai Rancabuaya sendiri merupakan pantai pelabuhan sehingga anda bisa mendapatkan ikan hasil tangkapan langsung dari nelayan ataupun dari warung di sekitar pantai. Status kepemilikan dari tanah di area pantai Rancabuaya adalah sebesar 70% merupakan tanah milik dan sisanya merupakan tanah desa. Pengelolaan wisata di area Pantai Rancabuaya dilakukan oleh kelompok penggerak pariwisata (kompepar) yang terdiri dari masyarakat setempat.

Pantai Rancabuaya memang kurang promosi sehingga kurang begitu terkenal. Namun pantai ini memiliki potensi wisata yang cukup besar yaitu dengan adanya akses jalan yang cukup lancar dan mulus sehingga mudah dijangkau. Saat ini sedang dilakukan pembangunan infrastruktur baru.
Lokasi

Pantai Rancabuaya terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, kabupaten Garut, Jawa barat, Indonesia. Sebelah utara berbatasan dengan Desa Caringin, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Indralayang, Sebelah timur berbatasan dengan Desa Sinarjaya, dan sebelah barat berbatasan dengan Samudera hindia .
Aksesibilitas

Untuk menuju pantai Rancabuaya, anda bisa menggunakan beberapa alternatif jalan ;

Jalur Garut - Pameungpeuk - Rancabuaya . Jalur ini melewati kota Garut terlebih dahulu dengan kondisi jalan cukup baik.
   
Jalur Bandung - Pangalengan - Rancabuaya. Jalur ini memiliki kondisi jalan yang bagus dan telah di hotmix pada hampir setengah jalannya. Merupakan jalur yang baru diperbaiki dan dibangun.
    
Jalur Bandung - Ciwidey - Cidaun - Rancabuaya. Jalur ini melewati kawasan bandung selatan. Sebagian dari jalur ini menggunakan jalan lintas selatan jawa barat yang menyusuri sepanjang pantai selatan di wilayah jawa barat.

Transportasi umum yang tersedia adalah angkutan umum berupa Elf dari terminal kota Garut dan dari Pangalengan.
Fasilitas pendukung

    Tempat parkir yang cukup luas
    Lesehan khas daerah pantai yang cukup banyak
    Pondokan berupa penginapan dan villa yang dapat kita sewa
    Terdapat saung-saung wisata yang dapat kita sewa
    Akses jalan yang memadai serta fasilitas lainnya.


Harga Tiket Masuk Pantai Buaya tidak jauh berbeda dengan Harga Tiket Pantai Santolo.Hanya saja lokasi kedua pantai ini agak berjauhan,kira - kira memakan waktu 2 jam perjalanan dari Rancabuaya.
Pantai Rancabuaya Garut Selatan Pantai Rancabuaya Garut Selatan Reviewed by Admin on Januari 05, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.